SELAMAT MENJALANKAN PUASA, SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA ALLAH SWT..AAMIIN.. MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL. CAMAR, KOMPLEX BASTANA JAYA-MASOHI, MALUKU TENGAH.

Senin, 01 Januari 2018

Cara Pasang FPV di Drone Menggunakan HP Untuk Monitor

Assalamu'alaikum
Alhamdulillah, bisa nulis lagi, tp di tahun 2018.. hehe :D

Sebenarnya sih ini udah umum diketahui oleh para pilot drone non profesional,,hehe.. tp mungkin ada yg blm tahu, semoga artikel ini bisa membantu :D
Aamiin...

Syarat utama adalah hp kita harus berprosesor snapdragon minimal versi 6xx. Karena kalau tidak, peralatan fpv kita akan sia2.
Kemudian install aplikasi PoKeFPV yg bisa kita unduh di playstore.
Icon apps nya seperti ini


Yang dibutuhkan juga adalah perangkat penerima yang akan kita hubungkan ke hp, yaitu UVC RECEIVER 5.8GHz


Tombol merah pada UVC fungsinya untuk mencari frekuensi secara otomatis

Perhatikan tanda panah di kabelnya, arah panahnya harus seperti foto di atas.
Silahkan hubungkan uvc Receiverke hp menggunakan kabel yg disediakan.
Penampakan aplikasinya seperti ini setelah terhubung.


Untuk di drone nya, kita siapkan perangkat pemancar 5.8GHz, yaitu VTX 5.8GHz, penampakan nya seperti ini


Siapkan juga kamera yang memilikiav out, misalnya kamera yi cam, atau kita juga bisa menggunakan kamera yang sudah menyatu dengan vtx, namanya ATX klo tdk salah :D

Jika gunakan yi cam, ataupun kamera2 yang av outnya via micro usb, maka kita juga abutuh konektor micro usb,

Jika menggunakan yi cam, aktifkan dulu av outnya dari aplikasinya.

Dan taraaaa..beginilah hasilnya :D


Saya sendiri menggunakan vtx dengan daya 200 Mili Watt. Hasil tesnya sekitar 200 meter masih bisa, cuma nyali saya aja yg kerupuk :D


Nah, demikian sekilas info, semoga bermanfaat.

O iya, bagi yang hp nya tidak bisa digunakan untuk ber fpv menggunakan uvc, jangan sedih !!
Kamu bisa menggunakan monitor yang sudah menyatu dengan penerima frekuensi 5,8GHz, misal monitor wltoys, monitor JXD, monitor Aosenma, dll

Wassalamu'alaikum
Lanjutkan membaca

Sabtu, 30 September 2017

Cara Melepas Sekrup TV Yang Tertutup Tanah

Assalamu'alaikum

Alhamdulillah jumpa lagi :D

Ini ada trik sederhana yang sudah sering saya pakai untuk melepas Sekrup di tv tabung yg tertutup oleh sarang tawon yang terbuat dari tanah.


  • Hadapkan tv ke lantai
  • Tuang air ke lubang Sekrup yg tertutup tanah. Tuang hingga penuh

  • Silakan masukkan obeng untuk mencari2 Sekrup. Kalau belum dapat, korek terus lubang Sekrup nya, lalu tuangkan lagi air ke dalam lubang Sekrup nya hingga air kotor dr dlm lubang menjadi bersih. Korek lagi hingga obengnya masuk ke kepala Sekrup nya. Silakan putar sekrup nya..
Dan taraa... Ini dia hasilnya..hehe..



Semoga bermanfaat..

Wassalam...
Lanjutkan membaca

Kamis, 28 September 2017

Pasang Lampu Tembak Led RTD E03C Di Motor Suzuki Smash Titan

Assalamu'alaikum

Alhamdulillah kemarin baru saja menyelesaikan pemasangan lampu tembak led  dgn merk RTD, tipenya E03C yg harganya lumayan mahal bagi saya..hehe..
Tapi hasilnya berbanding lurus dgn harganya :D

Saat pertama membuka kotak lampu rtd e03c ini, nampak selembar petunjuk pemasangan di motor. Di lembaran ini kita tdk menemukan cara menyambung ketiga kabelnya.
Karena keterangan warna kabel dan jalurnya sudah ditempel di ujung kabelnya.


Buat yang ingin pasang lampu ini di stang setir, aksesoris nya dijual terpisah.
Buat yan ingin pasang di dudukan kaca spion, Anda harus rakit menggunakan besi yg cukup kuat untuk menopang lampu ini, karena lampu ini lumayan berat, mungkin lebih dari 500 gram.
Led RTD E03C ini juga dilengkapi dgn usb charger. O iya, lampu berdaya 20 Watt ini hanya menyala dalam 1 mode.

Singkat cerita, lampu ini saya pasang di bawah plat nomor

Dan untuk mengontrol lampunya, saya hanya menggunakan saklar  kanan bawaan motor.
Saya hanya mengubah fungsi saklar.
Jika aslinya fungsi saklar untuk mengontrol lampu senja dan lampu utama, maka saya ubah hanya untuk mengontrol lampu utama dan lampu tembak.
Lampu senja saya sambung langsung.

Jadi ketika saklar digeser pertama, yg nyala adalah lampu utama. Digeser sekali lagi, maka lampu utama dan lampu tembak akan menyala bersamaan. Jadi kita bisa mematikan lampu tembaknya jika akan berpapasan dgn kendaraan lain, sebab ini lampu lumayan menyilaukan.

O iya, ini dia penampakan saklar nya


Saklar ini ada 2 jalur terpisah. Jadi untuk lampu utama yang jalurnya AC bisa menggunakan jalur sendiri. Begitu dengan jalur lampu tembak yang menggunakan arus DCbisa menggunakan jalur lain.

Sedangkan pada motor Yamaha, jalur saklar depannya cuma ada 1, karena jalur lampu senja dan jalur lampu utama sejalur.

Tapi dengan sedikit kreatifitas, pasti Anda bisa menggunakan nya untuk mengontrolarus DC.

Oke baiklah, ini adalah nyala lampu utama motor Suzuki smash Titan


Dan ini saat lampu utama dan lampu tembak rtd e03e dinyalakan bersamaan.





Hasilnya, luar biasa, diluar dugaan saya, penggabungan lampu utama yang kekuningan ditambah dengan lampu tembak yang sinarnya putih bersih (bukan putih kebiruan) sangat tajam. Pandangan begitu luas. Cukup enak buat diajak jalan jauh 
Namun sekali lagi, ini lampu sangat menyilaukan karena bias cahayanya menyebar.
Jadi sekali lagi, gunakan lampu ini dengan bijak, hormati sesama pengendara.

O iya, untuk kelistrikan motor saya masih standar, pengisiannya masih half wave. Tp jika kita ajak jalan menggunakan lampu tembak, tegangan aki masih bisa bertahan di atas 12v. Jadi masih cukup aman

Jarak 50 meter masih cukup baik.
Demikian sedikit pengalaman saya, semoga bermanfaat

Wassalam.
Lanjutkan membaca

Senin, 18 September 2017

Pasang Alarm Di Motor Matic Yamaha Mio M3

Assalamu'alaikum

Alhamdulillah, akhirnya bisa ketemu lagi setelah sekian lama absen..hehe..
Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan olehNya..
Aamiin..

Alhamdulillah kemarin saya dipercayakan untuk memasang alarm remot pada motor matic Yamaha Mio m3.

Bagi yang mengerti kelistrikan motor Yamaha dan sudah biasa memasang alarm, pemasangan alarm remot di motor bukanlah sesuatu yang susah.
Tapi bagi kita yang masih minim pengetahuan tentang kelistrikan motor, ini sesuatu yang sangat menakutkan.. lebay dikit :D hehe

Oke baiklah, sekian basa basi nya. Alarm yang digunakan seperti ini:

Alarm merk lain juga boleh. Biasanya warna kabelnya sama saja, dan fungsi kabelnya sama saja. Cuma beda di suaranya, jangkauannya, dan pola kedipan lampu sen.

Dan yang harus kita siapkan juga adalah Relay 12v yang 5 kaki sebanyak 2 buah. Relay nya seperti ini:

Siapkan juga solder, timah, dan kabel secukupnya.
Jika Anda menggunakan relay ber skun, Anda tdk perlu solder dan timah.
Jangan lupa siapkan isolasi kabel.
Dan yang terakhir, nyali :D

Cara pasangnya:
  • Kabel merah alarm ke kutub positif aki
  • Kabel hitam ke kutub negatif aki. Pasang di baut rangka juga boleh
  • Kabel oranye ke kunci kontak
  • Kabel kuning masing-masing ke kabel positif lampu sen kanan dan kiri
  • Kabel biru untuk relay starter (perhatikan skema di bawah)
  • Kabel abu-abu untuk stop engine (perhatikan skema di bawah)
  • Kabel merah muda abaikan saja.



S1 dan S2 kita hubungkan seri dengan saklar standar samping.

Dan taraaaa...


Semoga bermanfaat..

Wassalamu'alaikum

perhatian: Resiko tanggung sendiri
Lanjutkan membaca

Kamis, 06 Juli 2017

Cara Membuat Discharge Baterai Lipo Sederhana

Assalamu'alaikum..

Jumpa lagi di blog sederhana ini..hehe..

Bagi yg sudah punya alat discharge, silakan abaikan tulisan ini, tapi kalau tetap mau baca, silakan saja..hehe..

Sebelum masuk ke inti postingan, perlu diketahui bahwa baterai lipo tdk boleh disimpan dalam waktu lama dalam keadaan penuh, bisa bengkak nanti baterainya..
Baterai Lipo juga jangan di-charge dalam keadaan panas. Biarkan baterainya dingin dulu.
Baterai yang sudah bengkak/hamil parah sebaiknya dibuang, bisa meledak..
Hehe..

Kadang kita sudah nge-charge baterai sampai penuh, eh tau2nya tidak jadi kita pakai terbang.
Kita harus menguras isi baterainya lagi, dan ini sesuatu yang membosankan, apalagi pas hujan.
Karena malas inilah yang memotivasi saya untuk merakit alat yang bisa membuang muatan baterai dgn aman tanpa harus terbang..

Sekian basa basi nya, mari kita siapkan:

  • Modul voltmeter mini (harga 20rb an di p.jawa)
  • Lampu stop motor yang masih baik (bohlamnya saja, harga 5rb)
  • Kabel secukupnya (20cm aja dah cukup)
  • Solder
  • Timah
  • Soket pasangan baterai (sesuaikan dengan soket baterai yg dipakai)

Rangkai lampu, voltmeter, dan soket baterai seperti skema di bawah ini

Selesai dirakit


Proses discharge baterai lipo dari 11,6v sampai 11,2v membutuhkan waktu sekitar 10 menitan.

Tegangan terendah untuk baterai 1s adalah 3,7v.
Tegangan terendah untuk baterai 2s adalah 7,4v
Tegangan terendah untuk baterai 3s adalah 11,1v
Tegangan terendah untuk baterai 4s adalah 14,8v.

Saat proses discharge, jangan biarkan baterai sendirian, pantau terus tegangannya pada voltmeter.
Baterai bisa rusak/tidak bisa menyimpan lagi jika tegangannya kurang dari 3,7v untuk tiap selnya.

Jika ada yang belum paham cara merakitnya, silakan tonton video di bawah ini


Semoga bermanfaat..

Wassalamu'alaikum

Lanjutkan membaca