MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL. CAMAR, KOMPLEX BASTANA JAYA-MASOHI, MALUKU TENGAH.

Sabtu, 08 April 2017

Menikmati Senja Di Ina Marina

Assalamu alaikum..

Untuk ke sekian kalinya saya main lagi ke Ina Marina. Cuaca sore itu masih mendung sebagian dikarenakan baru habis hujan..

Sebenarnya pembangunan fasilitas ini yg lokasinya di jalan Pattimura (dekat pelabuhan Ina Marina) belum sepenuhnya rampung, tapi tak apalah..hehe..

Dan ini dia penampakan Ina Marina tanggal 6 April 2017 yang sempat saya abadikan..hehe..





Upsssss.... ada yg ketinggalan
 


Sebagai warga Masohi yg baik, mari jaga akang bae2 !! jang tangan bagatal par tulis2 nama !!

Demikian postingan ini dibuat, semoga bisa meredam kerinduan yg kangen Masohi..
Hehe..

Wassalam..


Lanjutkan membaca

Senin, 20 Februari 2017

Membuat FPV Menggunakan Monitor WlToys dan VTX TS5828

Assalamu alaikum..

Sebenarnya udah lama mau saya bagikan pengalaman ini..,  cuma baru kesampaian..hehe..

Bermula ingin memonitor tanpa mengganggu sinyal drone dan dengan biaya murah, sayapun berpikir keras.

Awalnya mau pake hp sebagai monitor, tapi hp saya belum mendukung usb otg. Dan kalaupun mendukung, ram hp saya tidak cukup. Masak harus beli hp ? Hehe..

Terus kalau pake monitor tv 7", masih butuh batre 3s & vrx. Kalau dihitung2 sekitar 1,5 jutaan.. hikzz..

Akhirnya saya berpikir untuk menggunakan monitor wltoys yang harganya 300rb. LCD monitor ini berukuran 5", sudah ada vrx 5,8ghz nya , serta sudah ada batre internalnya.

Kekurangan monitor wltoys ini adalah: kecerahan tidak bisa diatur, tidak bisa pindah kanal,  batre cepat habis. Sebanding dengan harganya, tapi bagibsaya sudah cukup memuaskan.
Untuk batre bisa kita tambahkan batre lipo 1s agar daya tahan berrambah,  paralelkan dengan batre bawaannya !
Saya menambahkan batre 1s 700mah, lumayanlah..hehe...

Baiklah bagi yang ingin ber FPV ria dengan modal terbatas seperti saya, silakan beli:
  • VTX 5,8GHz (saya menggunakan  TS5828, 600mw)
  • Kabel av untuk kamera (sesuaikan dengan kamera anda).
  • Monitor WlToys 

Kabel merah adalah b+, kabel hitam adalah B-,  kabel kuning adalah input video.
Atur dip switch seperti ini

Pastikan semua sambungan benar, hidupkan monitor, hidupkan vtx (jangan menghidupkan vtx tanpa antena, hidupkan kamera. Dan  taraaaaa....
Ini dia hasilnya :

Sekarang tinggal pasang vtx nya sesuai keinginan kita. Saya sendiri memilih pasang di anti jello

Daya untuk vtx saya ambil dari batre drone melalui jack 3,5. Sebelumnya sudah saya ubah jalur jack di dalam drone. Jika anda awam soal elektro, sebaiknya jangan tiru cara saya. Sebaiknya bikin jack sendiri.
Tegangan minimal untuk vtx nya adalah 7,4v & maksimalnya 24v.

Total biayanya sekitar 500rb, tidak termasuk kamera..hehe..

Hasil tes sekitar 300 meter masih jelas (jantung rasanya mau copot,,hehe..)

Tips saya: jika hendak terbang secara horizontal, maka atur posisi antena vtx dan antena vrx nya secara vertikal agar sinyal dari vtx bisa diterima dengan baik.
Jika hendak terbang vertikal saja, atur antena vtx & antena vrx nya secara horizontal.

Pengalaman saya: pernah terbang vertikal tepat di atas saya hanya untuk mengetahui tinggi maksimal drone, pada ketinggian sekitar 100m saja sudah No Signal. Itu karena posisi antena vtx nya vertikal.

Walaupun sudah fpv, usahakan drone kita tetap terlihat.

O iya, jika input video belum diterima vtx, tampilan di monitor adalah No Signal.

Demikian sedikit pengalaman saya, semoga bermanfaat.

Wassalam...
Lanjutkan membaca

Senin, 16 Januari 2017

Modifikasi Bayangtoys X16 GPS; Pasang Buzzer

Assalamu Alaikum

Alhamdulillah..
Akhirnya bisa pasang buzzer di bayangtoys x16 gps.
Buzzer ini hanya akan berbunyi jika lost conect dengan remot dan untuk memudahkan kita  menemukan drone kita dari suara buzzer jika drone kita nyasar di tempat lain, tapi semoga saja tidak akan terjadi..aamiin..

Langsung saja intip skemanya di bawah ini


  • B+ dihubungkan ke B+
  • B- dihubungkan ke B-
  • Buzzer menggunakan buzzer aktif yg bekerja antara 3-24v. Buzzer akan berbunyi hanya saat los konek. Dan bunyinya bergantian dengan nyala led.
  • LED akan menyala terus saat drone sudah konek. Jika tidak ingin memasang led ini juga tidak apa, tapi resistor 1k nya itu tetap harus dipasang & dihubungkan langsung ke jalur B-.
  • IN dihubungkan ke kaki ANODA pada LED di modul receiver. LED nya ada di bawah pcb merahnya yang saya lingkari. Maaf tidak sempat foto letak titik OUT nya di PCB. Hati-hati saat menyolder di pcb merah ini !!


Titik  IN dari rangkaian buzzer dihubungkan ke titik OUT.



Dan Taraaaaa.....ini dia hasilnya



Info:
Transistor bisa menggunakan transistor tipe lain, misalnya c9015, A733, dll. tentunya kakinya disesuaikan.
Agar buzzer maksimal suaranya, silakan tambahkan step up converter (distel di 24v).
Lepas baterai sebelum melakukan modifikasi.
Rangkaian ini sudah diuji dan berhasil.
Kesalahan modifikasi tanggung sendiri.
O iya.., sebaiknya konektor-konektornya dilem dengan lem bakar, karena pengalaman saya konektornya sangat mudah lepas, ditarik sedikit aja sudah lepas.

Demikian sepenggal pengalaman saya, dan semoga bermanfaat..aamiin.

Wassalam..

Lanjutkan membaca

Sabtu, 24 Desember 2016

Cara Melepas Jack RCA Yang Patah

Assalamu alaikum..

Langsung saja siapkan pinset yg runcing & korek api.

Bakar/panaskan ujung pinset dengan korek api, lamanya sekitar 5-10 detik.
Tusukkan pinset yang sudah dipanaskan tadi ke patahan colokan rca nya, tahan, diamkan hingga pinset dingin.
Jika sudah dingin, putar pinset sambil ditarik.
Biar lebih jelas, silakan simak videonya:


Cara ini sudah saya lakukan, tapi memang ada yang tidak berhasil. Kalau tidak berhasil, bongkar unitnya, tusuk patahan rca nya dr belakang terminal rca nya (itupun klo bisa).

Tapi ada beberapa memang yang tidak bisa dilepas, dan harus dengan cara ganti terminal rca nya .

Semoga bermanfat...
Aamiinn...
Lanjutkan membaca

Rabu, 26 Oktober 2016

Modifikasi Syma X8HW, Pasang Led Pilot

Assalamu alaikum...

Led pilot berfungsi supaya kita tetap dapat mengetahui kepala drone syma kita pada saat terbang agak jauh pada saat siang hari.

Led pilot menggunakan led hpl 1w sebanyak 2 biji.
Led ini akan aktif ketika motor aktif.
Dan led ini nyalanya kedip-kedip.

Ini dia skema led pilotnya



  • B- dihubungkan ke B- pada pcb syma x8
  • SW dihubungkan ke SW pada pcb pada kabel merah.
  • M- dihubungkan ke M- pada pcb syma x8, pilih salah satu M- yang mau dipakai. Terserah mau di M- yang mana saja
O iya, untuk led nya sendiri saya pasang di bodi depan drone dgn cara melubangi bodi drone. kemudian lednya dilem sedikit.
Pada saat akan melubangi bodi drone, posisi led harus di atas batre, supaya led tidak bersinggungan dengan batre.




Dan ini dia hasilnya, sangat memuaskan. Nyala led masih terlihat jelas walaupun menghadap datangnya sinar matahari.



Demikian, semoga bermanfaat. Wassalam...
Lanjutkan membaca