MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL. CAMAR, DEPAN STASIUN TV KABEL KIE RAHA-MASOHI, MALUKU TENGAH.

Minggu, 28 Februari 2010

Skema Audio Amplifier 1000 Watt Menggunakan Transistor SANKEN





sumber skema : lupa

biasanya orang pake power ampli SANKEN karena vocalnya tebal. Untuk menambah daya ,tambahkan saja transistor SANKENnya, dan jangan lupa trafonya juga pakai yang bagus.

Anda bisa juga menggunakan skema di atasuntuk transistor jengkol (2n3055 dan mj2955), transistorSANKEN diganti dengan transistor jengkol. Tapi ingat, jengkolnya pake yg MALAYSIA, tegangan pake 32 volt.
Untuk mendapatkan daya keluaran 1000 watt, diperlukan lebih banyak transistor jengkol.

Dari data yang saya dapatkan, diketahui bahwa 1 pasang transistor jengkol: 2n3055 dan mj2955 bisa menghasilkan power sampai 80 watt. Sedangkan 1 pasang sanken : 2sa1215 dan 2sc2922 bisa menghasilkan power sampai 180 watt

48 komentar:

  1. bos emang transistor sanken nya susah dipasaran..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesen aja di madiun... tapi adanya yg ori. 130ribu spasang

      Hapus
  2. Banyak, tp yg murahan

    BalasHapus
  3. skemax bener2 apik bos ............

    BalasHapus
  4. Ada yabg punya skema power yang paling bagus gak buat out door? contoh nya yang di pakai mata elang gitu jika ada kirim ke email saya di : bjggtg@gmail.com thanx

    BalasHapus
  5. mas,enak pake sanken ato jengkol??
    kalau pakai TIP gimana??

    BalasHapus
  6. Kalau untuk di lapangan , sanken lebih bagus , karena midle nya tinggi.., sehingga vokal nya lebih berasa
    :13 :13 :13

    kalau TIP Gampang jebol , mending pake jengkol, tapi jengkolnya pake yg merk mexico atau malaysia. kalau yg toshiba ga kuat, ga kuat dikasih 32 volt, langsung jebol tuh toshibanya :11

    BalasHapus
  7. klo menurut q seh yang hrganya mahal itu bagus.......ya seperti sanken itu,heee

    BalasHapus
  8. kalo skema ampli mosfet final irfz44n ada ga jenis nchanel semua

    BalasHapus
  9. mas minta tolong PCB rangkaian nya belinya dimana??
    dan rangkaian power supply minta juga..

    BalasHapus
  10. kan pcb bnyak tuh dijual di toko2 elektro, untk power supplynya sama aja kyk power ocl lainnya

    BalasHapus
  11. mas anonim;
    ga ada mas, belm prnah ktemu power yg pake final irfz44

    BalasHapus
  12. d bandingkan ama power apex yang kelas H gmana pak bosd bandingkan ama power apex yang kelas H gmana pak bos

    BalasHapus
  13. Maaf mas bos , belum pernah diadu.

    Untuk semua pengunjung ARWIS' BLOG, mohon untuk tidak mengikuti skema di atas , soalnya ada beberapa kekeliruan dalam skema di atas.
    Apa saja kekeliruannya ?
    Silakan baca di sini

    BalasHapus
  14. bos punya skema power sub JBL gak ???

    BalasHapus
  15. mas ma'af, gimana cara memasang tr sanken ke pcb driver power amplifier, ma'af lagi belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuaikan kaki tr sankennya, jangan kebalik !
      untuk tr sanken, kaki kiri=basis , tengah=kolektor , kanan=emitor

      Hapus
  16. skema itumah banyak di pasaran boz,,,,, kl g salah PCB-nya Merk Blazer... http://lh3.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/S1UTQtoLCwI/AAAAAAAAB6s/E5EVnTZ6Ubk/t4belajarblogger28.gif

    BalasHapus
  17. numpang jualan bos,,
    kit/pcb power mosfet, dgn final 16x mono.
    kit/pcb power transistor dgn final 16x mono.
    minimal pesenan 2 pcs.
    lido_echo@yahoo.com

    BalasHapus
  18. ampli dg transistor sanken memang bagus kualitas suarae...
    apalagi didukung trafo > 10 ampere
    dona ps

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, benar boss, suaranya mantap

      Hapus
  19. sekedar info; skema di atas ada sedikit kejanggalan' penasaran ?
    baca di sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejanggalan pada polaritas vcc.. C3858 seharusnya dapet + gitu kurang lebih... bener gak?

      Hapus
  20. maaf mas, apa skema tersebut adalah skema dari power amp ''BLAZER X5'' ????

    BalasHapus
  21. ada yg tau gak...?
    power safari yg enak di trafo 10Erra...?
    lw bisa kasik skemanya jg dong...

    BalasHapus
  22. boss apa beda tr jengkolan malaysia dengan mexico untuk power amp?

    BalasHapus
  23. Sanken buat out door kurang bos,coz voltase rendah bnget.minimal pake toshiba voltase bsa 60volt trs bsa di step voltase

    BalasHapus
  24. ok, tq infona.
    O iya, toshhiba nya pake yg tipe brapa ?

    BalasHapus
  25. mending liat data sheet nya aja...
    2SA1216,2SC2922 = VCC MAX 180V , I MAX 17A
    2SA1494,2SC3858 = VCC MAX 200V , I MAX 17A
    2N3055, MJ2955 = VCC MAX 100V , I MAX 15A
    TIP3055,TIP2955 = VCC MAX 100V , I MAX 15A
    TIP35C,TIP36C = VCC MAX 100V , I MAX 25A
    tinggal pilih sesuai selera...

    BalasHapus
  26. bos!punuya gak skema power 1000 watt, drifernya pke ic ha 17741

    BalasHapus
  27. APA EMANG BENAR KELUAR 1000 WAT BANG SKEMA DI ATAS LOK DI BUAT SUB WOOFER LOYO ENGGAK?

    BalasHapus
  28. mas saya mau tanya gimana caranya masang transistor jengkolan?

    BalasHapus
  29. mas salam sy batindra daribali mau cari impo tr 2sa yg bagus dan tidak desis pake merek jugakahtlg impo mrknya karena sy rakit tr yg 2sa kayaknya ada problem di suara kasar

    BalasHapus
  30. askum salam kenal ajah mas broo

    BalasHapus
  31. siang mas bro rankaian POWER OPEN AIR 500W di samakan sama POWER APEX 500W bagus mana yah mas bro..? tegangan trafo maupun transistor tipe yg sama...aku tunggu jawaban end masukanya tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sh trngantung ama tone control ama jenis speaker.y...
      sebagus apapun sbuah power amply kalo tnpa tone control ttep aja cempreng, sma jga ama speaker.y.. klo speaker.y rndahan ga mngkin bsa mnghasilkn output yg bagus...

      tapi klo saran saya power.y lbh baik open air, pake transistor final yg biasa bkn yg jengkol, soal.y kalo yg jengkol output suara.y cnderung ke middle (vokal)

      Hapus
  32. Mas bro mau nanya nhi..kit hercules 800w mono pkai tr final sanken bagusx dikasih daya brpa volt ct yach..

    BalasHapus
  33. Mohon rekan2 jelaskan kalo voltase beda apa drivernya dikasih tegangan sendiri atau diturunkan dengan resistor.,, sslam solder.

    BalasHapus
  34. sekedar masukan:
    dalam perakitan power/amplifier audio yg bertenaga besar sebaiknya menggunakan power suplay yg murni alias tenaga pendorong/catu daya yg baik, terutama untuk pennguat audio berkelas high seperti kit blazer 1000watt dll mengingat disana terdapat penguat akhir transistor yg bercomon colektor.
    singkatnya untuk hasil yg terbaik maka gunakanlah power suplay yg berkualitas high juga.
    apalah artinya jika kita merakit mesin penguat audio bertenaga besar tapi pendorongnya (power suplay) tak berkualitas, ibarat kincir air yg kekurangan air, tak kuat untuk bergerak.
    pengalaman saya:
    sangat susah mendapatkan suku cadang catu daya yg berkualitas baik di pasaran, selain harganya mahal bahannya sering juga tidak ada, tinggal bagaimana cara kita mengakalinya sekalipun hanya menggunakan komponen elektro murahan tapi bisa mencapai hasil yg optimal.
    sekian, semoga bermanfaat..
    untuk info lebih lanjut ttg power outdoor rakitan add to gunspadhyangan.com

    BalasHapus
  35. polaritas pada skema diatas apa ndak terbalik?

    BalasHapus

Berbagi itu indah.
Jika ada yang salah/keliru pada tulisan saya di atas , mohon dikoreksi