MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL. CAMAR, DEPAN STASIUN TV KABEL KIE RAHA-MASOHI, MALUKU TENGAH.

Jumat, 01 Oktober 2010

Cara Memperbaiki Power Supply Unit (PSU) Komputer

Apakah anda punya power supply unit (PSU) komputer yang sudah tidak bisa hidup ?
Jika ada , dan anda punya waktu senggang , cobalah memberanikan diri untk memperbaikinya. Jangan takut kalau nanti tambah rusak , karena PSU nya memang sudah rusak :D

PSU komputer adalah power supply dengan sistem switching. Pada power supply switching, kebanyakan yang rusak adalah komponen yang berada pada bagian primer.


Mana caranya nih ?
Dari tadi kok belum dibahas ?
:x
Okelah kalo begitu , langsung saja anda siapkan peralatan yang diperlukan.
Peralatan yang anda perlukan tidaklah banyak , anda hanya perlu menyediakan solder, timah, obeng + , avometer , dan penyedot timah, dan uang untuk membeli komponen yang rusak :D

Di sini saya akan mengambil contoh PSU merk OKAYA



Kalau sudah siap, langsung saja buka tutup PSU nya.
Lepaskan papan rangkaian (PCB) dari casing.



Komponen yang perlu diselidiki (kayak kasus pidana aja , hehe.. ) adalah :

1. Sekering (fuse)

Cek sekring dengan avometer, jika sekring putus , silakan ganti sekring dengan sekring baru yang sama nilainya dengan sekring yang lama.

Silakan hubungkan PSU anda ke listrik PLN , jika sekring putus lagi , berarti transistor regulatornya jebol/short. Lepaskan steker dari stop kontak/terminal/apalah namanya

2. Dioda penyearah , ada 4 buah.

Lepas dioda, cek dengan avometer. Dioda hanya mengalirkan arus listrik pada satu arah saja, ukur dioda bolak balik , jika tembus (kayak pembalut wanita yaa, pake tembus² segala. hehe.. ) , silakan ganti dengan dioda yang sama !

3. Elco 330uF/200V, ada 2 buah

Elco ini bentuk fisiknya lebih besar dari elco yang lain. Jika elco kembung karena masuk angin , silakan ganti dengan elco yang baru.

4. Transistor regulator. ada 3 buah , terdiri dari 1 buah transistor DFF2N60 , dan 2 buah transistor 13007
. Transistor ini dipasang pada aluminium dan transistor ini berada dekat elco besar.
Lepas transistor dari papan rangkaian (PCB), cek dengan avometer , jika kaki emitor dan kolektor tersambung , berarti transistor jebol , silakan ganti transistornya dengan yang baru dan harus sama dengan yang lama.
Jika transistor regulator jebol , periksa juga komponen yang berada di dekat transistor regulator tersebut. Karena biasanya komponen yang berada di jalur transistor regulator akan ikut²an jebol/putus/nilainya berubah.
Komponen yang suka ikut²an itu adalah dioda dan resistor.
Jika ada yang jebol/putus/nilainya berubah , silakan ganti dengan komponen yang masih bagus.

5. Dioda penyearah pada bagian sekunder . Dioda ini ada 3 buah , dan bentuk dioda ini mirip transistor regulator, dan dioda ini juga menggunakan aluminium untuk membuang panas. Cek dioda ini , jika putus/jebol , silakan ganti diodanya dengan yang baru.
Juga cek 1 buah dioda SR360

6. IC B0813
ic ini berada antara 2 buah trafo kecil.



Jika anda yakin PSU anda sudah baik (dari rabies), silakan hubung(i dokter hewan)kan ke stop kontak !
Ukur tgangan pada kabel warna ungu terhadap Ground (kabel warna hitam), ukur dengan menggunakan avometer , jika ada tegangan 5 volt yang terbaca pada avometer , berarti sudah ada titik terang PSU anda akan hidup lagi

Perhatikan kipasnya , apakah kipasnya berputar ?
Pasti kipasnya tidak berputar kan ?
"Ya iya lah , kan PSU nya belum dihubungkan ke motherboard" kata sebagian orang. Apakah anda termasuk di dalamnya ?

Anda tidak perlu motherboard untuk menghidupkan kipasnya, yang anda perlukan hanyalah sejengkal kabel.
Pada soket/slot/jack yang ke motherboard,

hubungkan kabel yang berwarna hitam ke kabel yang berwarna hijau. Hubungkan dengan menggunakan kabel sejengkal yang anda punya. Jika PSU anda normal , pasti kipasnya langsung berputar.
Dan jika kipasnya berputar , maka semua tegangan dipastikan sudah ada , dan untuk memastikannya , silakan ukur tegangan pada ujung² konektor/jack/apapun namanya dengan menggunakan avometer.
Hubungkan kabel avometer yg warna hitam ke salah satu kabel warna hitam dari PSU, kemudian hubungkan kabel warna merah Avometer ke setiap kabel yang berwarna selain warna hitam, hijau, dan abu-abu

Demikian yang saya ketahui. Silakan mencoba, semoga berhasil

68 komentar:

  1. Posting yg bagus dan bermanfaat....Bang AWI....
    Tp apakah semua komponen tersedia di pasaran?
    Jika komponen tidak tersedia di toko apakah ada nilai persamaannya>

    trima kasih,

    indra (indraenter.lpg@gmail.com)

    BalasHapus
  2. wah, sori, saya blum pernah tanya semua komponen psu di toko. tp kalau transistor regulatornya, pasti ada

    BalasHapus
  3. terima kasih postingannya ya..
    salam kenal..
    kunjungi juga blog saya fakultas teknik unand

    BalasHapus
  4. Tulisannya sangat bermanfaat, terimakasih ya dah dapet pengetahuan tentang psu computer and salam kenal, wass.

    BalasHapus
  5. sama² , tq dah mampir di blog sederhana ini

    BalasHapus
  6. gak ada yang keliru.. begitu juga kutipan kutipan yaang dicoret.. secara teori OK.. prakteknya angel.. ha ha ha ha.. belum lagi jarak toko elektro jauh.. aduuuh.. komponennya sih murah tapi jauh sekali.. maklum satu satunya di sini.. kalo yang jual bilang gak ada.. PSU nya langsung tak kafani lagi.. ha ha ha

    BalasHapus
  7. nice info mas bro...btw sy mo tanya. sy pnya psu. tapi klo di nyalain dalam hitungna detik mati lagi.kira2 apanya yah yg rusak mas bro.trims

    BalasHapus
  8. mungkin solderanna ada yg goyang :D

    BalasHapus
  9. kalo cpu saya mati apa karna psunya ya???

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  11. Bang Awi,PSU awalnya bikin MCB pln anjlok terus, Saya check ada 2 dioda yg rusak. Saya ganti aja semuanya (4 pc). Setelah coba pasang di PC MCB ndak jatuh lagi dan semua kipas, CDRW, led mouse & Kipas mau hidup tapi tombol matikan manual PC dan monitor nggak mau..Di coba tukar PSU PC yang lain, semuanya normal. Tolong di bantu bang kira2 di PSU apanya yg rusak lagi yaa. Thanks. Udin

    BalasHapus
  12. waduh, sebenarnya saya belum pernah dapetin kasus seperti itu, n mudah2an jgn prnah dpetin kasus :D
    ok, mungkin ada tegangan yg belum keluar/drop pd psu nya. Pada psu ada 3 trafo, cek tegangan masing2 trafonya, kalo ada yg ga beres teganganna, silakan dioprek2 blok tsb :D
    maaf kalo saya tdk bsa memuaskan anda :D
    hekasus seperti itu, n mudah2an jgn prnah dpetin kasus :D
    ok, mungkin ada tegangan yg belum keluar/drop pd psu nya. Pada psu ada 3 traf

    BalasHapus
  13. Pd psu ada 3 trafo, cek tgangan masing2 trafonya, kalo ada yg ga beres teganganna, silakan dioprek2 blok tsb :D
    maaf kalo saya tdk bsa memuaskan anda :D
    hePd psu ada 3 trafo, cek tgangan masing2 trafonya, kalo ada yg ga beres teganganna, silakan dioprek2 blok tsb :D
    maaf kalo saya tdk bsa memuaskan anda :D
    he

    BalasHapus
  14. terima kasih banyak mas atas postingan x ,, postingan x sangat bermanfaat .kbtulan saya masih awam dalam masalah perbaikan komponen - komponen komputer maklumlah msh sekolah ,,,,

    BalasHapus
  15. Sama2, saya juga masih newbeSama2, saya juga masih newbe

    BalasHapus
  16. wah... makasih bos infonya, kebetulan saya punya PSU yang rusak, akan saya coba praktekkan

    BalasHapus
  17. matur nuwun sanget kados tulisane ingkang mbantu kulo....
    solae kulo nggada 2 PSU rusak !!! mugo2 niki saget mbantu..
    amiin
    :10

    BalasHapus
  18. bang awi orang masohi ya :10

    BalasHapus
  19. bukan, tp tinggalnya di Masohi :D

    BalasHapus
  20. Fungsi ic b0813 untuk apa ya? Kalau dipasaran namanya ic apa?

    BalasHapus
  21. biasanya disebut optocoupler. fungsinya buat penstabil tegangan output, juga untk proteksi supaya jika ada korsleting pada output regulator. CMIIW

    BalasHapus
  22. tegangan 5v keluar,kabel hijau digabung dg kabel hitam 12v tetep ga ada tegangan keluar n kipas juga dak nyala tolong sulusinya...

    BalasHapus
  23. kalo PSU punyaku konslet gara2 kesambar petir kemaren bray, masih bsa di selamtkan gak nih? setiap saya colokin ke steaker listrik di rumah malah mati smua,

    BalasHapus
  24. Bisa broo.,,,,,,,,
    sepertinya kedua transistor 13007 nya jebol sehinnga mcb rumah turun. Silakan dicek n ganti transistornya. Cek juga komponen di sekitar tr 13007 nya !

    BalasHapus
  25. @evig
    ccoba cek kedua transistor 13007 nya, mungkin ada yg mati

    BalasHapus
  26. top...artikelnya, apa lagi dikasih gambar....sangat bermanfaat maju terus bro

    BalasHapus
  27. thanks mas awi, moga jd amal ibadah ya...

    BalasHapus
  28. kl psu meledak karena saklar tegangan 230 di geser ke arah 110 kira kira masih bisa di betulin gak tuh.....????

    BalasHapus
  29. kalau mau naikin tegangan jadi 13,5 tau ngga gan

    BalasHapus
  30. Usep bisa dinaikin 13,5 - 13,8 pun bisa, liat di out 12volt ada resistor yang ke kaki ic kalo ga sala kaki 1 itu di tambahin potensio di seri, lumayan bisa buat rig.
    belum sempat bongkar lagi

    BalasHapus
  31. Mas, saya juga kebetulan punya PSU yang putus sekringnya, mau ganti biasanya yg berapa ampere yah pakenya?? PSUnya merk SIMBADA 380W.
    Terima kasih

    BalasHapus
  32. om awi mau nanya nih saya punya psu komputer kalau konektor psu nya di colokin ke mainboard, psu nya langsung mati kaya protec gitu tapi kalau psu nya tidak di colokin ke main boart psu nya mau nyala dan kalau mainboard pake psu lain normal-normal aja gak mati/protec bagaimana cara memperbaiki psu tersebut ya trims ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dibagian outputnya. periksa jg di bagian transistor.

      Hapus
  33. wow...mantap banr ni apa lagi dg gbr oh iya ..PC saya mengalami PSU ngedrop mas...bianya hanya elco yg saya cek(maklum masih newbie) tp hasilnya masih bagus semua...kira"apa lagi yg perlu di cek selain elco (besar maupun yg kecil)..!?

    kipas bisa menyala tp gk kuat utk menyalakan PC..!!!

    pliz...

    CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekedarnya sharing

      coba anda periksa di CPUnya, apakah kipas pada procesornya berputar. klo tidak berputar dipastikan dari CPU kerusakannya.

      Hapus
  34. nanya mas,
    PSU saya tiba2 mati setelah direset & ada bunyi desis kecil pada saat mati.
    baca2 di blog lain ada disebutkan transistor "power on reset". saya curiga mgkn ini penyebabnya.
    apakah mas tau kode transistor ini?

    BalasHapus
  35. Lengkap mungkin inti segala permasalahan tapi sayang saya tidak bisa mengukur kaki-kaki componen "mudah kalau terlihat dari komponen seperti elco kembung atau kramik badan nya yang kembung

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan sudah ada alat multimeter digital, lebih gampang makenya dr pd yg analog

      Hapus
  36. mas mo nanya klo elco awalnya itu470uf200v trus diganti dengan elko 450v220uf itu bs ga ya,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijin reply mas...kalo bisa elco penggantinya, nilai uF (micro Farad) sama dan voltasenya sama atau lebih tinggi..misal 470uF/200v..penggantinya kalo bisa jangan kurang dari 470uF/200V..kalo diganti dengan 220uF/450V..nilai uF nya kurang mas..sedangkan Voltasenya gk masalah hanya terlalu tinggi..kalo digunakan pada PSU sbg filter, makin tinggi uF/V makin baik..demikian mas..mudah2n membantu..bukan begitu mas AWI..

      Hapus
  37. gan, cara menaikan daya PSU bisa nga, kl bisa cara gimana? thx

    BalasHapus
  38. tr 13007 nya diganti.tp dah lupa pake tipe apa

    BalasHapus
  39. Siang ,!!Bos saya ada psu mrk simbada kipasnya nyala sebentar lalu mati lagi,begitu kbl hijau saya on kan ke kbl hitam kipas nyala sebentar lalu mati, kira kira komponen apa yang tidak beres ?

    BalasHapus
  40. kyknya power suply ane dah ngdrop sering mati sendiri ...hidup bentar mati lagi....mana yg perlu dganti sob...jgn lpa kunjung blk thanks

    BalasHapus
  41. bos,numpang tanya.nomor transistor besar bagian skunder itu brapa ya....?soalnya udah terbakar

    BalasHapus
  42. siang Bro mau tanya...ane punya PSU mati neh setelah ane bongkar ternyata elco 1000uf 10v melendung 2 biji ane ganti,trus ane coba idupin kabel ijo ane jumper tapi gak idup juga kipas cuma bunyi kaya mau muter tapi seret...kira2 apa lg yg harus di liat ya?thank,s

    BalasHapus
  43. saya punya speaker yang bunyinya krepek krepek apa yang sy cek dahulu..apa langsug sy ganti potentio nya

    BalasHapus
  44. wah menarik sekali pak boss,, ini ane juga punya PSU OKAYA Juga... tapi catu daya nya turun, itu gmna ya boss solusi nya? makasih

    BalasHapus
  45. Bos Ane punya PSU Kalo dinyalakan komputernya psunya bunyi desis trus gak lama tu komputer mati, kirakira apanya yang mesti diganti ya bos !!

    BalasHapus
  46. ps bekas bisa buat cas aki ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. psu bekas maksudnyakan? bisa mas...

      Hapus
  47. ngelucu bukan? g bermanfaat banget

    BalasHapus
  48. mas psu saya udak di cek fuse bagus, dioda bagus, fet bagus, dioda yang seperti tr juga bagus, elko bagus, otocoupler diganti baru. ko tetep gak nyala mas? apanya ya?

    BalasHapus
  49. Jadi tambah pengalaman lagi ini saya... Thx informasinya gan :)

    Setiyo
    www.jayabhaya.com
    princsetiy@yahoo.com
    from : Yogyakarta Special Region

    BalasHapus
  50. untuk yang psu nya dinyalain kipas berputar sebentar terus mati,aku ada pengalaman aku ganti travonya.itu kan ada 3 travo. yang paling besar coba di cek.

    BalasHapus
  51. pc warnetq jg gtu idup sebentar trus mati,beli psu baru beres dah.padahal psu bawaan casing yg baru 2 bulan belinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. psu bawaan memang jelek saya sarankan bli merk corsair agar lebih awet

      Hapus
  52. psu punyaku klo pc dihidupin kluar swara tik tik tik trus mnerus,kira2 apanya mas yg rusak?

    BalasHapus
  53. Lam kenal gan.. Saya ada psu tapi jalur groundnya kalau di pegang nyetrum (ada tegangan ac ) apa ada cara lain selain di buatkan ground ke tanah...? trims sebelumnya.

    BalasHapus
  54. keren, buat newbie spt aye, ini artikel bermanfaat banget! jempol dua!

    BalasHapus
  55. sangat sangat bermanfaat, terimakasih banyak atas artikelnya... blog yang lain judul bener isi nya jualan obat.. yang ini mantap... makasih gan....

    BalasHapus
  56. bang cari sikring nya di mana??

    BalasHapus

Berbagi itu indah.
Jika ada yang salah/keliru pada tulisan saya di atas , mohon dikoreksi