MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL. CAMAR, DEPAN STASIUN TV KABEL KIE RAHA-MASOHI, MALUKU TENGAH.

Sabtu, 18 Juni 2011

Cara Aman Membuang Limbah Ferriklorida ( Besi(III)Klorida )

Foto besi(III)klorida, sumber dsaprojects.110mb.com






Bagi para elektro mania yang suka main sama PCB, ferriklorida (FeCl3) , Bor pcb , solder , dan timah , silakan baca tulisan di bawah ini yang saya copas pake operamini dari www.finsdesign.com/pcb_mmake_i.php :


Mohon di perhatikan bahwa membuat PCB menggunakan beberapa bahan kimia yang berpotensi berbahaya, Ini adalah tanggung jawab anda sendiri jika anda memakainya. jika anda tidak ingin mengambil resiko, jangan mencoba untuk memakai bahan kimia ini.

Di sarankan untuk memakai alat bantu keamanan seperti kacamata goggles, baju yang tebal, dan sarung tangan waktu anda memakai bahan kimia.

Di beberapa negara beberapa alat dan bahan kimia tertentu sangat di larang, karena bahan tersebut memungkinkan menghasilkan limbah yang sulit di daur ulang dan dapat merusak lingkungan. Ini adalah tanggung jawab anda pribadi untuk mematuhi larangan tersebut, Beberapa persyaratan dan peralatan keamanan harus di patuhi dalam project ini.

Saya ingin memberikan beberapa contoh yang harus di ingat : NaOH (caustic soda) dan ferric Chloride sangat berbahaya dan tidak sehat, jangan sampai udara nya terhirup oleh anda.

Caustic soda bisa menghancurkan kain, kulit dan tissue, dan Ferric Chloride dapat membuat logam berubah warna menjadi kuning secara permanen. Jangan memakai NaOH dan ferric chloride dengan logam, terutama alumunium. Ferric Chloride bisa melarutkan stainless steel. Cari tahu dan lakukan persiapan sebelum anda mendapatkan kecelakaan kerja yang tidak di harapkan.

Tandai botol botol berbahan kimia supaya tidak keliru, dan jauhkan dari anak anak. Gunakan botol berbahan plastik yang tebal, supaya aman bila kena panas.

Jangan taruh bahan kimia di tempat yang panas seperti di mobil atau di bagian rumah yang terkena sinar matahari langsung.
Perlu di ingat Sinar ultraviolet dari matahari dapat mengaktifkan UV sensitive resin lapisan PCB, dan itu tidak sehat untuk kita.
Tatap mata langsung dengan sinar ultra violet dapat menyebabkan katarak.

Debu yang di hasilkan dari pemotongan dan proses bor PCB tidak sehat untuk pernafasan dan mata kita, dan dapat menyebabkan penyakit paru paru.


Perhatian bahan limbah ferric chloride :

Untuk membuang limbah FeCL3 sebelum di buang ke tempat pembuangan, harus di perhatikan beberapa hal. Limbah FeCL3 SANGAT AMAT BERACUN !!
Untuk itu siapkan tong yang terbuat dari bahan plastik tebal sebagai tempat pembuangan sementara, kemudian endapkan limbah FeCL3 ke dalam tong tersebut, dan taruh beberapa barang berbahan logam seperti baut bekas, obeng yang sudah rusak, atau barang bekas logam lainnya, dan diamkan dalam beberapa hari atau minggu. Logam logam yang di masukkan tadi akan berkarat dan hancur menjadi bubuk, ini akan me- reduksi/ mengurangi racun dari sisa etching PCB, karena FeCL3 ini setelah tereduksi dengan logam akan menjadi FeCL2, dimana sedikit lebih aman dari pada FeCL3. Treatment terbaik setelah menjadi FeCl2 adalah di larutkan dengan soda (Na2CO3) atau detergent. Dan ini akan menjadi Fe (CO3) (insoluble rusty mud) dan NaCl (garam dapur ). Setelah di keringkan masukkan ke dalam kantong plastik, dan bisa di buang ke tong sampah.


Gimana ? Udah beres bacanya ? Kalo belum, silakan dibaca lagi
Kalo dah beres bacanya, saya mau ucapin selamat menjaga lingkungan di sekitar kita
Demikian , semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berbagi itu indah.
Jika ada yang salah/keliru pada tulisan saya di atas , mohon dikoreksi