Kunjungi juga Chanel YouTube kami: Arwis Vlog

Selasa, 04 September 2012

Skema Lampu Indikator Standby Dan Indikator On Untuk TV Ganti Mesin




Dua malam yang lalu adalah pengalaman pertama saya memasang mesin baru di tv Sharp Universe. Tv ini mempunyai indikator on dan indikator stanby.
Jika tv standby, led menyala merah. Jika tv on, led nyala hijau.

Pada saat ganti mesin, ada rasa untuk mempertahankan tampilan tv ini seperti aslinya; salah satunya mempertahankan led indikatornya.

Sebelum memasang mesin tv, PCB mesin asli saya potong bagian depannya agar semua switch dan lednya bisa dipasang lagi besrta jack AV-nya.

Karena dulu pernah memperbaiki lampu emergency, saya sempat memperhatikan jalur rangkaiannya untuk mengetahui mengapa lampu emergency mati ketika dicharge.
Nah, inilah yang saya pakai untuk membuat led merah nyala ketika tv di-standby-kan.

Maaf ! Skemanya masih berantakan, lagi  malas gambar ulang :D


Penampakan setelah dirangkai



Dan setelah semua dirakit dan dihubungkan kabel2nya, tv siap dicoba. Dann inilah penampakan ketika tv keadaan standby



Dan ini ketika tv on


Memeng ini sedikit merepotkan, tapi konsumen pasti lebih senang karena tv-nya tidak asal jadi hehehhe :D

O iya, saya menggunakan mesin Wansonic super mini yang menggunakan ic tunggal 8873.

Untuk menggerakkan basis tr C945 dan TR A1266 , saya mengambil tegangan sensor dari pin 36 ic 8873

Ehm, sedikit penjelasan bagi yang belum mengerti skema di atas:

- Pada saat standby, tegangan di pin 36 ini sama dengan 0 volt. Ini membuat basis tr C945 (NPN)tidak bekerja karena basis tr c945 tidak dibias tegangan positif (led hijau mati). Sedangkna basis tr A1266 (PNP) bekerja karena mendapatkan bias negatif dari R 1K (led merah nyala)

- Pada saat tv on, pin 36 ic 8873 disuplai dengan tegangan 5v. Tegangan ini lalu membias basis tr c945, dan akhirnya led menyala hijau. Sedangkan basis tr A1266  yg tadinya mendapatkan bias negatif dari R 1K, kini sudah tidak bekerja lagi karena tegangan biasnya dishortkan lewat Diode.

O  iya, untuk mesin tv yang menggunakan ic program LC863532C dan ic kroma LA76818, anda dapat mengambil tegangan sensor indikator dari salah satu pin vcc ic kroma LA76818, misalnya di pin 8

Semoga brmanfaat

1 komentar:

  1. Salam kenal. Saya mau tanya, ampli saya merek twin dog,, menggunakan transistor D1047 semua 4 biji,, trafo bulat, seperti Ampli yang ada di postingan blog ini, tapi ga ada Resistor 5 watt nya. 1 transistor panas,, output speaker keluar arus.Udah di ganti tapi masih tetep.Kira kira ada yang bocorkah Resistornya apa transistor yang kecil--kecil.

    BalasHapus

DILARANG BERKOMENTAR YANG MENJURUS KE PORNOGRAFI DAN JUAL BELI PENIPUAN !!!!!
Terima kasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini.