MELAYANI PERBAIKAN TV DAN PERANGKAT ELEKTRONIK LAINNYA. ALAMAT JL. CAMAR, DEPAN STASIUN TV KABEL KIE RAHA-MASOHI, MALUKU TENGAH.

Selasa, 04 September 2012

TV Panasonic TC-21FG21JG Yoke Terbakar


Bismillahirrahmanirrahim

Pengalaman ini saya dapat waktu bulan puasa kemaren, beberapa hari sebelum lebaran.
Kata ygang punya; tv nya ga bisa hidup, en ada bau2 terbakar.

TV saya bongkar, dan setelah melekukuan  pengintaian, maka didapati resistor 2w/47 ohm keadaan putus, en dioda  (lupa nomerna) dalam keadaan short. kedua komponen ini kalau tidak salah fungsinya untuk meredam araus balik ke ic STRW6554A

Setelah penggantian komponen tadi, dan setellah yakin tak ada lagi komponen yg bermasalah pd rangkaian regulator, tv lalu dinyalakan. Belum sempat gambar muncul, asap putih sudah keluar dari belakang tabung.
Hmmmmmmmmmmmmmmm,,,,,,,,,lagi2 dapet tv rusak yoke. O iya, tipe yokenya MDC-21P01P
                               
        

Karena sudah pernah dapet garapan tv yg sama dan dgn kerusakan yg sama,  yoke dengan tipe yg sama pun masih ada. Dengaan berbagai pertimbangan, akhirnya saya memberanikan diri untuk membongkar kedua yoke, untuk kemudian diambil kumparan yg masih baik n dirakit lagi.

Sebelu dibongkar, skema yoke digambar dulu. Ini dimaksudkan supaya pada saat pemasangan kembali, tidak terjadi salah sambung, maklum ane masih pemula.

Skema diperiksa lagi apa sudah benar, Dansetelah yakin skema sudah benar, pembongkaran pun dimulai.

Setelah kedua yoke dibongkar, kumparan yg masih saya ambil dari kedua  yoke tersebut, kemudiasn yoke saya rakit lagi. Setelah siapp, yooke pun dipasang dan siap dicoba.


Pas Tv dihidupkan, alhamdulillah sudah tidak ada lagi asapnya, dan gambarpun muncul dengan bagusnya.
aAlhamdulillahhhhhhhh,,skhirnya perjuanganku tidak sia-sia
Eh tapi tunggu dulu!
kok gambar pada sisi kanan layar ada blank hitam sekitar 1cm?


Setelah disetel melalui sermod dengan cara; sleep, volume dinolkan, tekan bersamaan tombol osd di remot dan V- di tv, lalu tekan tombol 1 di remot dua kali, akhirnya muncullah pengaturan H-SHIFT, lallu disetel, dan gambarpun ok :D


O iya, setelah penyetelan H-SHIFT, gambar masih ada sedikit blank hitam di samping layar kiri kanannya. Ini karena gembar kurang terbuka, padahal kumparan yokenya saya ambil dari yoke asli tipe sama.
Ini sebenarnya bisa diatasi dengan memindahkan jumper kabel merah yang ada di mesin tv.
Tapiini tidak saya lakukan, karena waktu itu saya belum tahu :(
Saya tahu cara ini ketika saya mengganti yoke tv panasonic tipe yang sama seminggu setelah lebaran :D

Dari pengalaman yang saya alami ini,, saya bertekad untuk tidak akan membuang yoke yang terbakar, selain tidak keluar biaya untuk beli yoke, konsumen pun juga tidak terlalu terbebani untuk mengeluarkan isi kantongnya terlalu tebal, cukup membayar ongkos servisnya.
hehehehe :D

Demikian sekedar berbagi pengalaman,, semoga ada manfaatna :D

amiiiiinnnnnnnn

3 komentar:

  1. bagaimana maksudnya bro jumper kabel merah yang ada di mesin tv?tlong di perjelas,bagian mana yang harus di jumper,sebelumnya thanks,,,

    BalasHapus
  2. kabel merahnya ada di mesin tv nya, di blok horisontal. Kabel merah ini masih sejalur dengan yoke horisontal

    BalasHapus
  3. bro saya ada pasien type sama gambar normal tapi suara tidak keluar,
    ic sound normal....apanya yang rusak brow,....
    matur suwun ...

    BalasHapus

DILARANG BERKOMENTAR YANG MENJURUS KE PORNOGRAFI DAN JUAL BELI PENIPUAN !!!!!
Terima kasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini.